Bg

Berita - FUD -

FUD Selenggarakan Program Penerimaan Hibah Penelitian Internasional Tahun 2023

27 Februari 2023

Fakultas Ushuluddin dan Dakwah UIN Raden Mas Said Surakarta menyelenggarakan Sinkronisasi Program dengan Stakeholder yang dilaksanakan di Hotel 101 Malang pada tanggal 22 Februari 2022 yang dihadiri seluruh pejabat Dekanat, Jurusan, Koordinator Program Studi, Gugus Kendali Mutu, Staf Jurusan, Staf Fakultas maupun perwakilan organisasi mahasiswa.

Dalam kegiatan ini, menghadirkan narasumber Sujarwoto, Ph.D dari Universitas Brawijaya Malang. Dalam paparannya, beliau menyampaikan bagaimana caranya suatu Lembaga/institusi Pendidikan dapat memperoleh atau mencari bantuan/grant penelitian luar negeri yang selama ini menjadi masalah bagi peneliti baik dosen maupun mahasiswa. Beberapa hal disampaikan antara lain: Perlunya memperhatian kapasitas peneliti yang linier dalam keilmuan yang diinginkan, pembuatan proposal bantuan dan lain sebagainya.

Salah satu cara agar publikasi yang dibuat mendapatkan rekognisi internasional adalah dengan terus mempublikasikan jurnal ilmiah secara internasional serta mencantumkan kata kunci yang umum digunakan dalam lingkup internasional, bukan hanya nasional. Kata kunci ini akan memudahkan peneliti lain untuk melihat siapa saja orang yang terlibat dalam penelitian tersebut. Hal ini juga akan memudahkan terjalinnya kolaborasi antar peneliti dari berbagai negara.