Image of Tingkat Keterampilan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Islam UIN Raden Mas Said Surakarta

BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM

Tingkat Keterampilan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Islam UIN Raden Mas Said Surakarta



Rifka Fadilatur Rohmah, (191221146) “Tingkat Keterampilan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling UIN Raden Mas Said Surakarta”. Skripsi: Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta 2023.

Konselor merupakan salah satu bagian dari helping proffesion yang berperan aktif dalam proses interaksi dengan konseli. Sebagai calon konselor mahasiswa bimbingan dan konseling hendaknya memiliki keterampilan komunikasi interpersonal yang baik sebagai bekal ketika memasuki dunia kerja maupun kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat komunikasi interpersonal mahasiswa Bimbingan dan Konseling Islam UIN Raden Mas Said Surakarta Angkatan 2019.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskiptif dengan jenis penelitian survey. Populasi pada penelitian ini diambil dari mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling Islam Angkatan 2019 yang berjumlah 165 mahasiswa dan sampel sebanyak 62 mahasiswa. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan rumus slovin dengan teknik cluster random sampling dan medote analisis data yang digunakan adalah analisis data deskiptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sejumlah 10 mahasiswa sebesar 16% dari jumlah sampel berada pada kategori sangat baik, 44 mahasiswa sebesar 71% dari jumlah sampel berada pada kategori baik, 8 mahasiswa sebesar 13% dari sampel berada pada kategori cukup, dan tidak ada mahasiswa berada pada kategori rendah dan sangat rendah. Dari hasil tersebut menunjukkan rata-rata tingkat keterampilan komunikasi interpersonal mahasiswa sebesar 76%, sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat keterampilan komunikasi interpersonal mahasiswa Bimbingan dan Konseling Angkatan 2019 cukup baik.

Kata kunci: Komunikasi Interpersonal, Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, Konselor


Ketersediaan

SK20243065.12X7.15 RIF tPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.15 RIF t
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta.,
Deskripsi Fisik
100 hlm, 29 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.15
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this