Image of Komunikasi Interpersonal Ibu Single Parent Mengasuh Anak Perempuan Di Desa Keden Kalijambe Sragen

BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM

Komunikasi Interpersonal Ibu Single Parent Mengasuh Anak Perempuan Di Desa Keden Kalijambe Sragen



VALENTINA DAMAYANTI, NIM 17.12.21.197. Komunikasi Interperpersonal Ibu Single Parent Dalam Mengasuh Anak Perempuan Di Desa Keden Kalijambe Sragen. Skripsi. Program Studi Bimbingan Dan Konseling Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta 2023.
Komunikasi interpersonal merupakan proses pemberian dan penerimaan pesan antara dua orang atau sekelompok kecil orang yang terjadi secara langsung. Komunikasi interpersonal yang dimaksud dalam skripsi ini adalah komunikasi yang terjadi antara seorang ibu single parent dan anak perempuannya di desa keden kalijambe sragen, yang mana komunikasi ini terjadi secara tatap muka dan dilakukan dalam kegiatan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses komunikasi interpersonal ibu single parent dalam mengasuh anak perempuannya.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan dan sifat penelitian ini adalah deskriptif. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah ibu single parent yang memiliki anak perempuan di desa keden kalijambe sragen yang berjumlah tiga orang. metode pengumpulan data yang digunakan adalah: metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisa data penulis menggunakan kualitatif, yang artinya penelitian ini dapat menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari individu dan perilaku yang diamati.
Dari hasil temuan di lapangan komunikasi interpersonal ibu single parent dalam mengasuh anak perempuannya di desa keden kalijambe sragen, meliputi berbagai hal antara lain: 1) keterbukaan, peran ibu single parent sangat penting dalam sikap keterbukaan anak sehingga anak memiliki keinginan untuk membuka diri dalam berinteraksi dengan orang lain. 2) empati, ibu single parent menerapkan sikap empati pada anak merupakan kemuan untuk mengatahui hal-hal yang dirasakan orang lain dan agar anak dapat memahami kondisi keluarganya saat ini. 3) dukungan, ibu single parent dan anak perempuannya saling mendukung keputusan masing-masing. 4) perasaan positif, kemampuan dalam memandang dirinya sendiri secara positif. 5) kesamaan, ibu single parent dan anak perempuannya tidak semua memiliki kesamaan adanya ketidak samaan tersebut menjadikan keluarga mereka saling melengkapi. Komunikasi interpersonal yang harus dilakukan ibu single parent yaitu orang tua harus memprioritaskan anak, meluangkan waktu untuk anak walaupun hanya sebentar, dengan begitu anak lebih mudah mengekspresikan dirinya sehingga interaksi yang terjalin tidak hanya dari orang tua kepada anak melainkan juga dari anak kepada orangtua.
Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Ibu Single parent, anak perempuan


Ketersediaan

SK20243014.12X7.15 VAL kPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.15 VAL k
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta.,
Deskripsi Fisik
100 hlm, 29 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.15
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this