Image of Bauran Komunikasi Pemasaran Kopi Cendana Surakarta Dalam Membangun Loyalitas Konsumen

KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM

Bauran Komunikasi Pemasaran Kopi Cendana Surakarta Dalam Membangun Loyalitas Konsumen



Elvian Wisnu Setiaji, 191211109, Bauran Komunikasi Pemasaran Kopi
Cendana Surakarta Dalam Membangun Loyalitas Konsumen. Program Studi
Komunikasi dan Penyiaran Islam. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah
Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta. 2023.
Adanya peningkatan terkait popularitas kopi dari tahun ke tahun dan
meningkatnya reputasi serta popularitas barista. Konsumen dapat melihat informasi
tentang produk yang ada di Kopi Cendana Surakarta dengan mudah. Terbukti
dengan jumlah konsumen yang terus meningkat dan pendapatan bertambah. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan bauran komunikasi pemasaran
Kopi Cendana Surakarta dalam membangun loyalitas konsumen.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif
deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori 5P Kotler dan Amstrong (1997).
Penulis menggunakan analisis data berupa reduksi data, penyajian dan penarikan
kesimpulan. Hal tersebut bertujuan untuk mendukung data-data yang diperoleh
peneliti. Sumber dalam penelitian ini meliputi sumber data primer dan sekunder
agar pembahasan lebih terpercaya dan relevan.
Hasil penelitian dengan mengacu pada teori 5P Kotler dan Amstrong (1997)
meliputi promosi, periklanan, humas dan pemasaran langsung. Faktor utama yang
mendorong pembentukan loyalitas konsumen yaitu konsistensi dalam penyampaian
pesan brand, kualitas produk serta interaksi yang baik. Penyelenggara event khusus
dan program loyalitas juga memperkuat hubungan antara Kopi Cendana Surakarta
dan konsumennya. Namun, pendekatan komunikasi pemasarannya belum
maksimal, diharapkan untuk terus meningkatkan inovasi dalam komunikasi
pemasaran serta mempertahankan kualitas produk dan layanannya. Hal ini
dilakukan guna meningkatkan loyalitas konsumen.
Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, Loyalitas Konsumen, Kopi Cendana
Surakarta


Ketersediaan

SK20244056.12X7.5 ELV bPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.5 ELV b
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta.,
Deskripsi Fisik
100 hlm, 29 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.5
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this