Image of Strategi Komunikasi RS PKU 'Aisyiyah Boyolali Dalam Menangani Keluhan Pasien

KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM

Strategi Komunikasi RS PKU 'Aisyiyah Boyolali Dalam Menangani Keluhan Pasien



Afida Nur Sholikah, NIM: 191211075. Strategi Komunikasi RS PKU 'Aisyiyah Boyolali Dalam Menangani Keluhan Pasien. Program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta. 2023.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh upaya RS PKU 'Aisyiyah Boyolali dalam menangani keluhan pasien. Keluhan pasien merupakan ungkapan ketidakpuasan, kekhawatiran atau masalah yang dialami oleh pasien selama kunjungan atau perawatan medis di RS PKU 'Aisyiyah Boyolali. Dalam hal ini RS PKU 'Aisyiyah Boyolali melakukan berbagai strategi untuk menangani keluhan pasien Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan strategi komunikasi yang dilakukan RS PKU 'Aisyiyah Boyolali dalam menangani keluhan pasien

Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, peneliti memberikan gambaran data secara deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan melakukan wawancara kepada informan, selanjutnya observasi dengan datang langsung ke RS PKU "Aisyiyah Boyolali dan wawancara dengan tiga informan pihak RS PKU 'Aisyiyah Boyolali Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan metode reduksi data dan menggunakan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber

Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa RS PKU 'Aisyiyah Boyolali telah mempraktikkan strategi komunikasi dalam menangani keluhan pasien diantaranya yaitu pertama mengenal khalayak pasien atau masyarakat umum yang banyak menyampaikan keluhan, selain itu RS PKU 'Aisyiyah Boyolali mengategorikan keluhan berdasarkan tingkat kepentingan yaitu grading merah, kuning dan hijau sehingga mempermudah penyelesaian keluhan, kedua menyusun pesan dengan membuat berbagai layanan-layanan meliputi layanan informasi dan layanan pengaduan, ketiga menetapkan metode atau strategi dengan cara mengadakan kunjungan home visit, membuat mesin APM (Anjungan Pendaftaran Mandiri), serta melakukan pengobatan gratis ke masyarakat dan keempat seleksi penggunaan media komunikasi, media yang digunakan oleh RS PKU "Aisyiyah Boyolalı yaitu media Website, Instagram, Whatsapp dan Youtube

Kata kunci: Strategi Komunikasi, RS PKU 'Aisyiyah Boyolali, Penanganan Keluhan Pasien.


Ketersediaan

SK20244048.12X7.5 AFI sPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.5 AFI s
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta.,
Deskripsi Fisik
100 hlm, 29 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.5
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this