Image of Manajemen Komunikasi Virtual Komunitas Ruang Edit Depok Dalam Mempertahankan Produk Editing Di Whatsapp

KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM

Manajemen Komunikasi Virtual Komunitas Ruang Edit Depok Dalam Mempertahankan Produk Editing Di Whatsapp



Arif Wiyono 191211009. Manajemen Komunikasi Virtual Komunitas Ruang Edit Depok dalam Mempertahankan Produk Editing di WhatsApp. Skripsi, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta 2023.
Komunitas Ruang Edit merupakan komunitas yang bergerak di bidang kreatif dan menggunakan WhatsApp untuk melakukan proses komunikasi secara virtual. Komunitas ini berjalan dengan sistem pembelajaran seperti sekolah di mana member akan dibagai ke dalam 15 jilid dan di setiap jilidnya terdapat admin yang akan melakukan pengawasan terhadap setoran dan rekapan hasil editing. Dalam proses pelaksanaannya ada masalah yang ditemui seperti, munculnya komunitas baru sejenis yang menimbulkan persaingan, kurangnya kreativitas member dan masih banyaknya member yang yang pasif selama mengikuti kegiatan Ruang Edit. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan Manajemen Komunikasi Virtual Komunitas Ruang Edit Depok dalam Mempertahankan Produk Editing di Whatsapp.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang dapat menjelaskan dan mendeskripsikan secara lengkap. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi virtual, wawancara dengan narasumber terpilih dan terpercaya dan dokumentasi yang kemudian diolah menjadi data untuk penulisan skripsi ini. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Menggunakan teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa manajemen komunikasi virtual komunitas Ruang Edit menggunakan bauran manajemen komunikasi virtual yang terdiri dari riset, perencanaan, implementasi dan evaluasi. Riset dilakukan melalui hasil evaluasi dan anĂ¡lisis terhadap grup atau komunitas editing yang sudah besar untuk menghadirkan something new perihal program atau kegiatan komunitas kedepannya. Perencanaan, dengan cara merumuskan capaian organisasi, tujuan organisasi, yaitu meningkatkan produk editing member melalui sistem pembelajaran di grup diskusi WhatsApp dengan sistem setoran dan rekapan hasil editing, merumuskan aksi strategik dan komunikasi strategik dalam bentuk penjadwalan kegiatan secara sistematis dan membuat kebijakan tertentu terhadap pengurus, admin dan member. Kemudian implementasi, member harus aktif melakukan setoran dan rekapan hasil editing serta mengikuti program atau kegiatan Ruang Edit. Selanjutnya melakukan evaluasi setiap bulannya dan setiap tahunnya akan ada penilaian sebagai bahan akan atau tidaknya dilakukan pembaharuan kurikulum pembelajaran di tahun selanjutnya. Kegiatan manajemen komunikasi virtual yang telah disebutkan di atas mampu menjaga intensifitas komunikasi dan mempertahankan produk editing member komunitas Ruang Edit.
Kata kunci : Manajemen, komunikasi virtual, komunitas Ruang Edit


Ketersediaan

SK20244057.12X7.5 ARI mPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.5 ARI m
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta.,
Deskripsi Fisik
100 hlm, 29 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.5
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this