Image of Komunikasi Interpersonal Manager Dengan Karyawan Batik Toeli Laweyan Melalui Media Sosial Whatsapp

KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM

Komunikasi Interpersonal Manager Dengan Karyawan Batik Toeli Laweyan Melalui Media Sosial Whatsapp



David Rohmadani (191211016) Komunikasi Interpersonal Manager Dengan Karyawan Batik Toeli Laweyan Melalui Media Sosial Whatsapp.Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Jurusan Dakwah dan Komunikasi. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta. 2023.
Batik Toeli Laweyan merupakan sebuah usaha yang bergerak di industri batik dan memiliki manager yang mengatur operasional dan proses bisnis serta dibantu oleh karyawan yang keseluruhan merupakan penyandang tunarungu. Salah satu permasalahan utama yang sering terjadi adalah ketika sedang berkoordinasi dimana karyawan tunarungu kesulitan mencerna informasi yang diberikan oleh manager dikarenakan keterbatasan fisik yang mereka miliki dan manager yang kesulitan untuk memberikan instruksi kepada karyawan karena kurangnya kemampuan bahasa isyarat yang dimiliki. Penelitian ini mencoba menguraikan proses komunikasi interpersonal yang digunakan manajer dalam berinteraksi dengan staf batik Toeli Laweyan.
Penelitian ini merupakan studi lapangan yang mengumpulkan data dan informasi dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang dapat menjelaskan dan mendeskripsikan secara lengkap. data yang dipilih peneliti yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. memanfaatkan teori komunikasi interpersonal Joseph De Vito untuk menganalisis data hasil penelitian batik Toeli Laweyan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Temuan penelitian ni menunjukan bahwa meski kerap muncul kendala seperti potensi miskomunikasi, mispersepsi, dan kesulitan berekspresi, namun sejauh ini permasalahan tersebut telah berhasil diatasi. Selain itu lima komponen teori komunikasi interpersonal yang digagas oleh Joseph De Vito yakni keterbukaan, empati, dukungan, sikap positif, dan kesetaraan menunjukan bahwa manager dengan karyawan batik sehingga menunjukan komunikasi interpersonal yang dibangun sudah cukup kuat.
Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Batik Toeli Laweyan dan Whatsapp.


Ketersediaan

SK20244032.12X7.5 DAV kPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.5 DAV k
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta.,
Deskripsi Fisik
100 hlm, 29 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.5
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this