Image of Pola Komunikasi Pada Komunitas Mahasiswa Ngapak (Kompak) Uin Raden Mas Said Surakarta Dalam Meningkatkan Keaktifan Anggotanya

KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM

Pola Komunikasi Pada Komunitas Mahasiswa Ngapak (Kompak) Uin Raden Mas Said Surakarta Dalam Meningkatkan Keaktifan Anggotanya



Dwi Parwati. Nim. 181211054. Pola Komunikasi pada Komunitas Mahasiswa Ngapak (KOMPAK) UIN Raden Mas Said Surakarta dalam Meningkatkan Keaktifan Anggotannya. Skripsi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Fakultas Ushuluddin dan Dakwah UIN Raden Mas Said Surakarta 2023.
Komunitas Mahasiswa Ngapak (KOMPAK) UIN Raden Mas Said Surakarta merupakan komunitas yang mewadahi mahasiswa UIN Raden Mas Said Surakarta yang berasal dari daerah-daerah yang berbahasa ngapak. Namun seperti organisasi lainnya, Komunitas Mahasiswa KOMPAK memiliki beberapa masalah, salah satunya terkait keaktifan anggotanya. Hal yang sangat berpengaruh dalam keaktifan anggota yaitu komunikasi. Pengkoordinasian dalam suatu organisasi tidak dapat dilepaskan dengan komunikasi. Karena pada dasarnya organisasi diciptakan melalui komunikasi. Untuk itu penelitian ini akan mendeskripsikan bagaimana pola komunikasi pada Komunitas Mahasiswa KOMPAK dalam meningkatkan keaktifan anggiotanya dan apa saja hambatan dalam proses komunikasinya.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deksriptif, yaitu mendeskripsikan bagaimana pola komunikasi dalam komunitas mahasiswa KOMPAK. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data primer diperoleh dari wawancara dan observasi di lapangan, sedangkan data sekundernya adalah dokumentasi di Instagram @kompak_uin_surakarta. Teknik analisis datanya meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini yaitu pada komunitas Mahasiswa KOMPAK terdapat dua komunikasi yaitu secara langsung atau face to face dan komunikasi tidak langsung melalui grup Whatsaap. Terdapat dua macam komunikasi yaitu komunikasi formal dan komunikasi non formal. Komunikasi formal yang dilakukan di Komunitas Mahasiswa KOMPAK menggunakan pola Y. Pada pola ini gaya komunikasi yang digunakan yaitu structuring style dan relinquishing style. Sedangkan pada komunikasi non formal menggunakan pola komunikasi semua saluran atau model Bintang dan gaya komunikasi yang digunakan yaitu equalitarian style yang bersifat dua arah (two way communication). Dalam upaya meningkatkan keaktifan anggota pola komunikasi yang paling tepat yaitu menggunakan pola komunikasi semua saluran atau model Bintang yang bersifat dua arah (two way communication) karena dengan komunikasi model ini dapat memacing setiap individu untuk aktif berkomunikasi dan diharapkan dapat menumbuhkan rasa kekeluargaan serta rasa solidaritas setiap anggota.
Kata kunci: Pola Komunikasi, Komunitas Mahasiswa KOMPAK, Keaktifan Anggota


Ketersediaan

SK20244011.12X7.5 DWI pPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.5 DWI p
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta.,
Deskripsi Fisik
100 hlm, 29 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.5
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
audio
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this