Image of Strategi Komunikasi Pokdarwis Objek Wisata Umbul Besuki Polanharjo Dalam Meningkatkan Jumlah Wisatawan

KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM

Strategi Komunikasi Pokdarwis Objek Wisata Umbul Besuki Polanharjo Dalam Meningkatkan Jumlah Wisatawan



QORIN DURURI HAMID. NIM (181211185). Strategi Komunikasi Pokdarwis Objek Wisata Umbul Besuki Polanharjo Dalam Meningkatkan Jumlah Wisatawan. Skripsi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Jurusan Dakwah dan Komunikasi. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta 2023.
Umbul Besuki merupakan objek wisata baru yang terletak di Desa wisata Ponggok tepatnya di Dukuh Kiringan, Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten sejak diresmikan pada bulan Desember 2019 namun pada awal tahun 2020 harus tutup karena pandem. Namun pada Juli 2020 Umbul Besuki mulai dipadati wisatawan. Hal ini tidak lepas dari peran Pokdarwis Wanua Tirta 4 Kiringan selaku pengelola objek wisata Umbul Besuki yang telah melakukan strategi komunikasi dalam mengelola objek wisata tersebut.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya Pokdarwis Wanua Tirta 4 Kiringan melakukan strategi komunikasi mengelola objek wisata Umbul Besuki dalam meningkatkan jumlah wisatawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dimaksudkan untuk memberikan data yang seteliti mungkin dari narasumber dan perilaku yang diamati. Subjek pada penelitian ini adalah Pokdarwis Wanua Tirta 4 Kiringan, selaku pengelola objek wisata, serta objek penelitian ini adalah Umbul Besuki Polanharjo Klaten. Penelitian ini menggunakan teori strategi komunikasi dari Anwar Arifin yaitu tentang mengenal khalayak, menyusun pesan, menentukan metode dan seleksi dalam penggunaan media.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi komunikasi Pokdarwis objek wisata Umbul Besuki dalam meningkatkan jumlah wisatawan menggunakan seluruh teori strategi komunikasi Anwar Arifin yaitu, mengenal khalayak bahwa objek wisata ini dapat dinikmati untuk semua kalangan dari anak-anak sampai orang tua. Dalam penyusunan pesan yang terkait dengan pengelolaan objek wisata Umbul Besuki, pihak Pokdarwis dan pengelola menggunakan penyajian 2 jenis pesan, yaitu penyajian pesan secara verbal, dilakukan secara langsung kepada khalayak, yaitu berupa spanduk, selebaran dan brosur dan non verbal dilakukan menggunakan gesture atau mimik bentuk pesan nya saat pengelola bertemu dengan seseorang dijalan atau dipasar. Berikutnya Pokdarwis Wanua Tirta 4 Kiringan telah melakukan penyampaian pesan secara informatif, edukatif dan persuasif, penyampaian pesan secara informatif kepada masyarakat akan mempermudah menerima pesan yang disampaikan oleh pihak Pokdarwis atau pengelola objek wisata. Secara edukatif dengan menjelaskan atau mengenalkan potensi yang dimiliki Dukuh Kiringan dan secara persuasif yaitu dengan mengajak secara langsung dan tidak langsung seperti menggunakan brosur, spanduk, selebaran dan mengajak kenalan berwisata. Yang terakhir seleksi dan penggunaan media. Sarana yang dilakukan Pokdarwis Wanua Tirta 4 Kiringan menggunakan media sosial, seperti instagram, facebook dan youtube.
Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Pokdarwis, Wisata, Umbul Besuki


Ketersediaan

SK20244022.12X7.5 QOR sPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.5 QOR s
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : surakata.,
Deskripsi Fisik
100 hlm, 29 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.5
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this