Image of Strategi Komunikasi Pemasaran  Pengelola Umbul Manten Polanharjo Klaten Dalam Meningkatkan Daya Tarik Wisatawan

KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM

Strategi Komunikasi Pemasaran Pengelola Umbul Manten Polanharjo Klaten Dalam Meningkatkan Daya Tarik Wisatawan



Selvi Andriyani, NIM: 191211019. Strategi Komunikasi Pemasaran Pengelola Umbul Manten Polanharjo Klaten dalam Meningkatkan Daya Tarik Wisatawan. Program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta. 2023.
Strategi komunikasi pemasaran merupakan salah satu faktor yang sangat mempengaruhi jumlah pengunjung di suatu obyek wisata karena merupakan suatu rancangan bagaimana mempengaruhi masyarakat dengan berbagai cara sehingga masyarakat mengetahui, kemudian tertarik hingga berkunjung dan bahkan berkunjung kembali bagi wisatawan yang sudah pernah berkunjung. Termasuk yang di lakukan BUMDes Sinergi Sidowayah Polanharjo Klaten sebagai pengelola Umbul Kemanten juga menerapkan sistem tersebut untuk kemajuan dan perkembangan Wisata supaya lebih baik lagi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran yang di lakukan Pihak BUMDes Sinergi Sidowayah sebagai pengelola Wisata Umbul Manten Polanharjo Klaten dalam meningkatkan daya tarik wisatawan lalu, strategi komunikasi pemasaran apa saja yang di lakukan agar para wisatawan tertarik mengunjunginya.
Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, peneliti memberikan gambaran data secara deskriptif. pengumpulan data yang di lakukan dengan melakukan wawancara kepada informan, selanjutnya penelitian ini di lakukan observasi dengan mendatangi langsung ke kantor BUMDes Sinergi Sidowayah dan tempat wisata Umbul Manten. Wawancara dengan lima informan pihak BUMDes dan dua wisatawan sebagai testimoni wisata. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa Pengelola Wisata Umbul Manten yaitu BUMDes Sinergi Sidowayah Polanharjo Klaten melakukan strategi komunikasi pemasaran dengan teori lima bauran di antaranya Periklanan (Advertising), Promosi Penjualan (Sales Promotion), Hubungan Masyarakat (Public Relation), Pemasaran Langsung dan Database (Direct and Database Marketing), Penjualan Personal (personal Selling). namun peneliti masih menemukan adanya strategi pemasaran yang sudah tidak di gunakan pengelola Umbul Kemanten yaitu personal selling di mana teori tersebut sudah tidak berlaku untuk saat ini untuk memasarkan dan masyarakat lebih percaya dengan sistem online.

Kata kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, Wisata Umbul Manten, BUMDes Sinergi Sidowayah.


Ketersediaan

SK20244033.12X7.5 SEL sPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.5 SEL s
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta.,
Deskripsi Fisik
100 hlm, 29 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.5
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this