Image of EKSISTENSI MANUSIA TERHADAP ALAM SEMESTA (STUDI ANALISIS TERHADAP NOVEL DUNIA ANNA KARYA JOSTEIN GAARDER)

AQIDAH DAN FILSAFAT ISLAM

EKSISTENSI MANUSIA TERHADAP ALAM SEMESTA (STUDI ANALISIS TERHADAP NOVEL DUNIA ANNA KARYA JOSTEIN GAARDER)



ABSTRAK

Penelitian ini berjudul Eksistensi Manusia terhadap Alam Semesta (Studi Analisis terhadap Novel Dunia Anna Karya Jostein Gaarder).Pemahaman terhadap eksistensi manusia terhadap fenomena alam semesta yang telah mengalami degradasi, dan hubungan antara manusia dengan alam semesta.Mengingat alam semesta kian lama telah mengalami kerusakan, dimana kerusakan tersebut tidak lepas dari perlakuan manusia.Manusia mendapat gelar khusus dari Tuhan tidak semata lepas dari tanggung jawab.Maka kehadiran Novel Dunia Anna mempunyai kontribusi dalam cakrawala keilmuan untuk menggugah kesadaran diri manusia pentingnya melestarikan alam semesta.Dengan demikian dalam penelitian ini menggunakan rumusan masalah: 1.) Bagaimana eksistensi manusia dalam buku Dunia Anna karya Jostein Gaarder, 2.) Bagaimana hubungan manusia dan alam dalam buku Dunia Anna karya Jostein Gaarder.
Sedangkan pisau analisis menggunakan teori Materialistik, Idealistik, dan Realistik. Jenis penelitian ini bersifat (Library Research) menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif, dengan metode pengumpulan data primer melalui karya-karya Jostein Gaarder, dan sekunder melalui pandangan filosof lain dengan tema eksistensi manusia. Adapun analisis data melalui metode deskripsi, metode verstehen(pemahaman), dan metode interpretasi.
Hasil dari penelitian ini adalah : 1.) Tipologi manusia dalam Dunia Annalebih condong kepada materialistik, mereka lebih mengedepankan kesejahteraan materi daripada jiwanya. Sehingga manusia semakin tidak mengenali kesatuan dirinya (eksistensi manusia). 2.) Relasi manusia dan alam semesta merupakan simbiosis mutualisme, akan tetapi melihat fenomena yang terjadi bahwa karakteristik manusia mempunyai dua bagian yaitu manusia yang memanfaatkan dan melestarikan, ada juga manusia yang memanfaatkan tanpa melakukan pelestarian. Dengan demikian berharap dengan hadirnya Novel Dunia Anna manusia akan lebih memperhatikan alam semesta yang akan melahirkan eksistensi manusia.
Kata Kunci:
Eksistensi Manusia, Materialistik, Idealistik, dan Realistik.


Ketersediaan

SK201710013.12X3 NUR e c.1PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH (2X3 NUR e c.1)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X3 NUR e
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta.,
Deskripsi Fisik
80 hal. 29 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X3
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this