Image of ANALISIS PESAN FOTO DAN TEKS AKUN INSTAGRAM @KULINERDISOLO YANG EFEKTIF DALAM MEMPROMOSIKAN WISATA KULINER DI KOTA SOLO

ANALISIS PESAN FOTO DAN TEKS AKUN INSTAGRAM @KULINERDISOLO YANG EFEKTIF DALAM MEMPROMOSIKAN WISATA KULINER DI KOTA SOLO



ABSTRAK

Sri Hartini Dewi (12.12.1.1.028). ANALISIS PESAN FOTO DAN TEKS AKUN INSTAGRAM @KULINERDISOLOYANG EFEKTIF DALAM MEMPROMOSIKAN WISATA KULINER DI KOTA SOLO. Skripsi, Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Institut Agama Islam Negeri Surakarta. 2017.
Instagram menjadi media sosial yang memunculkan banyak sekali peluang untuk berbisnis bagi para penggunanya termasuk dalam mempromosikan sesuatu melalui share foto-foto produk atau jasa, dan memiliki banyak followers Instagram memudahkan konsumen melihat produk atau jasa yang ditawarkan. Salah satu fungsi lain media sosial Instagram adalah melakukan promosi terkait destinasi wisata Indonesia yang dilakukan oleh akun @kulinerdisolo.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuiseberapa efektifkah isi pesan foto dan teks akun Instagram @kulinerdisolo dalam mempromosikan wisata kuliner di Kota Solo.
Metodologipenelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan metode analisis isi yang bersifat deskriptif.Populasi penelitian ini adalah seluruh posting-an pada akun instagram @kulinerdisolo dari tanggal 1 Januari hingga 31 Januari 2017 berjumlah 102 foto, dengan sampel keseluruhan populasi yang ada yaitu sebanyak 102 foto.
Hasil penelitian menunjukan bahwa isi pesan akun instagram @kulinerdisolo secara keseluruhan memenuhi kriteria isi pesan yang efektif. Isi pesan pada akun instagram @kulinerdisolo yang memenuhi kriteria isi pesan yang efektif sebesar 72,1 (70,7%) dan yang tidak memenuhi kriteria isi pesan yang tidak efektif sebesar 29,9 (29,3%). Subdimensi yang paling kuat pada isi pesan akun Instagram @kulinerdisolo adalah subdimensi pesan memiliki headlines. Sedangkan subdimensi yang paling lemah adalah daya tarik moral.Akun @kulinerdisolo dalam mempromosikan destinasi wisata kuliner di Kota Solo kurang memperhatikan etika islam dalam berpromosi. Dari kedua etika islam dalam berpromosi akun @kulinerdisolo kurang memenuhi kriteria, yaitu: Akun @kulinerdisolo kurang jujur karena tidak menjelaskan kekurangan dari tempat atau kuliner yang dipromosikan, dan pada kriteria mempromosikan makanan dan minuman yang baik dan halal, tidak semua posting-an akun Instagram @kulinerdisolo berisi keterangan halal.


Kata kunci : Efektivitas Pesan, Instagram, Promosi, @kulinerdisolo


Ketersediaan

SK201740020.12X7.5 DEW a c.1PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.5 DEW a
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta.,
Deskripsi Fisik
80 hal. 29 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.5
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this