Detail Cantuman
Advanced SearchFILSAFAT ILMU LANJUTAN
Ilmu pengetahuan dan teknologi telah mengubah dunia, terutama dalam memberantas kemiskinan, kelaparan, penyakit, dan berbagai potret duka dalam kehidupan umat manusia dan alam raya ini. Tradisi keilmuan dan teknologi yang berkembang sekarang merupakan tradisi yang tumbuh dari sistem logika dari Yunani, dilanjutkan dengan logika renaissance Arab, diteruskan dengan logika renaissance Eropa menjadi ilmu dan teknologi mutakhir. Unsur utama dalam tradisi sistem logika adalah rasionalitas dan empiri. Rasionalitas menjadi unsur pertama dalam berilmu pengetahuan, dan empiri menjadi unsur keduanya. Penting dimiliki oleh para calon ilmuwan muda, mahasiswa filsafat, cendekiawan, dosen/pengajar/pendidik, periset, dan mereka yang menggemari filsafat ilmu untuk menggali lebih banyak ilmu pengetahuan melalui apa yang disebut intelectual exercise dengan mengungkapkan pikiran dan pengetahuan secara teratur dan sistematik.
DAFTAR ISI
BAB 1 DOUBLE RELATIONSHIP: ANALISIS VS. SINTESIS………………………………………………… 1
A. Pendahuluan………………………………………..2
B. Hakikat Metode Analisis dan Sintesis……….3
C. Double Relationship (Relasi Ganda) Metode Analisis vs. Sintesis…………………….9
D. Metode Analisis dan Sintesis dalam Pendekatan Ilmiah……………………………….15
E. Implikasinya bagi Teori Ilmiah………………21
F. Penutup……………………………………………..22
BAB 2 MASA BELAJAR YANG PANJANG: DAMPAK PERKEMBANGAN ILMU DALAM HIDUP MANUSIA (SUATU TINJAUAN FILSAFAT ILMU DIPANDANG DARI PERSPEKTIF NEUROPSIKOLOGI) ……………. 25
A. Manusia sebagai Makhluk Individu yang Belajar……………………………………….26
B. Dampak Penelitian Neuroscience Terhadap Belajar…………………………………29
C. Penundaan Kepuasan Sesaat (Postponement of Gratification)……………..32
D. Demokrasi Kehidupan Intelek dan Kepemimpinan Intelektual (Democracy of Intellect dan Intellectual Leadership)…..33
E. Moral Imagination dan Pendidikan………..35
F. Mengubah “Takdir” yang Terprogramdalam Gen…………………………………………38
G. Perkembangan Otak…………………………….41
BAB 3 PENDEKATAN TRANSDISIPLIN: MENSTIMULASI SINERGI DAN INTEGRASI PENGETAHUAN………………….. 47
A. Pendahuluan………………………………………48
B. Pendekatan Transdisiplin……………………..50
C. Kesimpulan………………………………………..53
BAB 4 PYTHAGORAS, PENDEKATAN ISLAM DAN BARAT DALAM ILMU……………………………. 55
A. Pythagoras………………………………………….56
B. Pendekatan Islam dalam Ilmu……………….61
C. Pendekatan Barat dalam Ilmu……………….. 79
BAB 5 POSTMODERNISME …………………………….. 91
A. Pengertian Postmodernisme………………….92
B. Kelahiran Postmodernisme……………………93
C. Perkembangan Postmodernisme…………….93
D. Asas-asas Pemikiran Postmodernisme……95
E. Postmodernisme, Postmodernitas,dan Modernisme…………………………………96
F. Peluang Postmodernisme……………………..97
G. Tantangan Postmodernisme………………….98
BAB 6 ILMU, FILSAFAT, DAN FILSAFAT ILMU ….101
A. Ilmu dan Filsafat………………………………..102
B. Filsafat Ilmu………………………………………109
C. Ilmu Pengetahuan dan Perkembangannya……………………………..113
BAB 7 ONTOLOGI, EPISTEMOLOGI, DAN AKSIOLOGI DALAM KEILMUAN …………..133
A. Pengantar…………………………………………134
B. Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi
Keilmuan………………………………………….139
BAB 8 ILMU DAN NILAI: ALIRAN DAN TOKOH-TOKOH FILSAFAT ILMU, APAKAH FILSAFAT……………………………… 165
A. Aliran-aliran dan Tokoh-tokoh Filsafat Ilmu………………………………………166
B. Ilmu dan Nilai…………………………………..177
C. Kajian Filsafat……………………………………188
D. Ilmu dan Agama………………………………..194
BAB 9 LOGIKA DAN PENALARAN ILMIAH…….. 207
A. Pendahuluan…………………………………….208
B. Proposisi…………………………………………..211
C. Logika Deduktif…………………………………230
D. Logika Induktif………………………………….231
E. Penalaran…………………………………………232
F. Kesesatan dalam Penalaran…………………246
G. Penalaran Ilmiah……………………………….248
Ketersediaan
B002427.1 | 121 SEM f | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH | Tersedia |
B002427.2 | 121 SEM f | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
121 SEM f
|
Penerbit | Kencana : Jakarta., 2015 |
Deskripsi Fisik |
268 hal
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
978-602-8730-94-5
|
Klasifikasi |
121
|
Tipe Isi |
Text
|
Tipe Media |
Text
|
---|---|
Tipe Pembawa |
Visual
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain