Image of Hukum Dan Etika Media Massa: Panduan Pers Penyiaran Dan Media Siber

Hukum Dan Etika Media Massa: Panduan Pers Penyiaran Dan Media Siber



INDONESIA telah menikmati reformasi serta demokratisasi pers dan penyiaran sejak 1998. Secara struktural yuridis. dalam kurun 1998-2008. Indonesia telah memiliki lima undang-undang organik yang berkaitan langsung dengan masalah kebebasan berbicara. kemerdekaan menyatakan pendapat di depan umum. kebebasan berserikat dan berkumpul. kemerdekaan pers dan kebebasan penyiaran. serta kebebasan berkomunikasi melalui media dalam jaringan (online) (media siber). Dibandingkan dengan negara lain yang tergabung dalam ASEAN. indeks kemerdekaan pers dan penyiaran di Indonesia termasuk yang paling baik. Media massa Indonesia bersuka cita. Tidak lagi hantu sensor dan pemberedelan. Perusahaan pers tidak lagi memerlukan izin. Silakan dirikan dan terbitkan. Silakan beritakan hal apa pun dan tentang siapa pun.

Ekses pun bermunculan. bahkan nyaris tak terbendung. Terjadi kerisauan dan gelombang protes sosial di mana-mana mengenai nyaris ambruknya langit hukum dan etika media massa di Indonesia. Sebagian media massa terjebak ke dalam pelanggaran asas praduga tak bersalah (presumption of innocent). Sebagian lain hanyut dalam peradilan dan penghakiman oleh pers (trial by the press). Sebagian lain lagi ikut dalam pengingkaran terhp hak jawab dan hak koreksi. Bahkan seperti sudah terbiasa terlibat dalam pencemaran nama baik dan penistaan SARA. Lantas. apa yang harus kita lakukan agar tidak terperosok ke dalam pelanggaran hukum dan etika media massa?

Buku ini menjawab pertanyaan tersebut secara tajam dan mendalam. Semua aspek yang berkaitan dengan teori hukum dan etika media massa. yang mencakup pers dan penyiaran. dibahas secara kritis. cerdas. tuntas.


Ketersediaan

B002359.1302.23 SUM hPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHTersedia
B002359.2302.23 SUM hPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
302.23 SUM h
Penerbit Simbiosa Rekatama : Bandung.,
Deskripsi Fisik
23 cm; 258 hal.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
9786027973411
Klasifikasi
302.23
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this