Bg

Berita - FUD -

Dekanat FUD Selenggarakan Rapat Koordinasi Bahas Program Prioritas 2023-2027

22 November 2023

FUDNews – Dekanat Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUD) pada Selasa (21/11) mengumpulkan seluruh pejabat fakultas dari Kepala Jurusan, Sekretaris Jurusan, Kepala Laboratorium, sampai Koordinator Program Studi guna melakukan rapat perdana membahas pengembangan fakultas.

Dekan FUD, Dr. Kholiurrohman, menyampaikan bahwa perlu ditekankan bahwa pada periode kepemimpinannya para pemangku kebijakan di fakultas harus memiliki prinsip bahwa setiap pekerjaan di fakultas—apapun itu—harus diselesaikan.

“Tapi, tetap dalam proses menyelesaikan pekerjaan itu kita harus bisa bekerja dengan bahagia,” ujar Dekan FUD.

Di sisi lain, Dekan FUD juga menyinggung mengenai beberapa program prioritas Dekanat FUD untuk periode 2023-2027. Beberapa di antaranya, mengenai persiapan pemekaran fakultas antara Fakultas Dakwah dengan Fakultas Ushuluddin.

Selain itu, dibahas juga mengenai persiapan review kurikulum, di mana berdasarkan Peraturan Menteri, jumlah SKS untuk mahasiswa per semester harus disesuaikan menjadi (maksimal) 20 SKS di Semester 1 dan 2.

Dibicarakan pula mengenai peningkatan mutu akademik, seperti mendorong dosen muda untuk bisa mengambil program doktor atau bagi yang sudah doktor bisa mengambil studi post-doktor untuk mendorong karier ke arah guru besar. Begitu pula dengan penelitian dan pengabdian di fakultas yang didorong untuk ada kolaborasi antara dosen dengan mahasiswa.

Disampaikan pula oleh Wakil Dekan (WD) I, Dr. Nur Kafid, bahwa FUD perlu melakukan perombakan pada informasi publik, utamanya pada website fakultas. Menurut WD I, website fakultas akan didorong menjadi kanal informasi yang menyediakan data pendukung akreditasi dan lebih user-friendly untuk pelayanan studi mahasiswa.

Hal ini, masih menurut WD I FUD, akan bermanfaat ketika terjadi Asesmen Lapangan (AL) oleh pihak terkait, karena penyajian data akan lebih efisien dan efektif. Di sisi lain, re-desain website ini juga berguna untuk mengoptimalkan layanan kepada para stakeholder, baik dosen, tendik, maupun mahasiswa.

Terakhir, WD I juga menjelaskan mengenai job description mengenai Kepala Jurusan, Sekretaris Jurusan, Kepala Laboratorium, dan Koordinator Program Studi.