Bg

Berita - FUD -

Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUD) Beri Wawasan Pendidikan di Amerika bagi Mahasiswa

22 Mei 2024

Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUD) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Surakarta adakan Talk Show Mengenal Lebih Dekat Pendidikan di Amerika Serikat bersama Muhammad Iqbal, M.Ed., pada Selasa (21/5), pukul 13.00, di Aula FUD.

Acara ini dihadiri Dekan FUD, Dr. Kholilurrohman, Wakil Dekan l, Dr. Nur Kafid, M.Sc Kepala UPT Perpustakaan UIN Raden Mas Said Surakarta, Mohamad Zainal Anwar S.HI. M.SI., Ketua Jurusan (Kajur) FUD, Sekretaris Jurusan (Sekjur) FUD, Koordinator Program Studi (Koorprodi) FUD, dan Dewan Eksekutif Mahasiswa Universitas, DEMA Fakultas Syariah, DEMA Fakultas Ilmu Tarbiyah, DEMA Fakultas Adab dan Bahasa, DEMA Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, serta (Dema) FUD.

Acara dibuka oleh Dekan FUD, Dr. Kholilurrohman dengan menyampaikan beberapa harapan dengan terlaksananya talk show hari ini.

“Kami mengupayakan untuk menghadirkan FUD dengan suasana ilmiah. Menghadirkan tokoh inspiratif, agar mahasiswa memiliki motivasi untuk bisa kuliah di luar negeri. Menuntut ilmu di sana, dan kembali lagi ke Indonesia lalu bisa mengajar di FUD,” terang Dr. Kholilurrohman.

Selanjutnya, Dr. Nur Kafid selaku moderator dalam acara ini juga menyampaikan kepada mahasiswa, jika menempuh pendidikan di Amerika Serikat bukan suatu kemustahilan.

“Banyak sekali kesempatan dan cara yang bisa dilakukan untuk bisa kuliah di Amerika. Narasumber hari ini akan menyampaikan cerita, bagaimana pendidikan di Amerika, dan supaya kita yang dari universitas daerah memiliki kesempatan selagi mengoptimalkan kemampuan yang kita miliki,” terang Dr. Nur Kafid.

Kemudian, Muhammad Iqbal, M.Ed. yang merupakan perwakilan dari pemerintah Amerika Serikat untuk mempromosikan dan membantu mahasiswa Indonesia untuk berkuliah di sana, memaparkan materi tentang Studying in the United States. Pemaparan materi mulai dari motivasi untuk belajar di Amerika Serikat, alasan kenapa memilih Amerika Serikat, dan bagaimana caranya untuk bisa melanjutkan pendidikan ke sana.

“Ketika kamu mau belajar ke Amerika Serikat, maka beranilah bermimpi internasional, dan jangan membatasi diri sendiri. Amerika Serikat memiliki pendidikan yang lebih baik, fasilitas yang lebih maju, dan banyak sesuatu yang tidak kita dapatkan di sini, tetapi bisa didapatkan di sana. Lalu juga ada banyak sekali kesempatan beasiswa untuk belajar di sana,” terang Muhammad Iqbal, M.Ed.

Narasumber juga memaparkan bagaimana typical US university aplication requirements, serta link yang bisa diakses mahasiswa untuk berkomunikasi dan berkonsultasi tentang pendidikan di Amerika Serikat. Acara diikuti antuasias oleh seluruh peserta. Sebelum ditutupnya acara, Dr. Nur Kafid menyampaikan closing statement untuk para peserta.

“Awal untuk melangkah melanjutkan pendidikan ke luar negeri adalah tinggal mau atau tidaknya kita untuk memulai. Memulai dengan mencari tahu informasi, berdiskusi, dan cari jalan terbaiknya untuk melanjutkan pendidikan ke sana,” pungkas Dr. Nur Kafid.