Bg

Berita - FUD -

Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Gelar Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji dan Umrah Profesional

24 November 2023

FUD Gelar Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji dan Umrah Profesional

FUDNews – Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUD) gelar Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji dan Umrah Profesional. Sertifikasi ini merupakan kerja sama dengan LPHU PW Muhammadiyah Jawa Tengah dari 24 sampai 30 November 2023 dan bertempat di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah.

“Haji merupakan Rukun Islam yang wajib dilakukan setiap umat muslim yang mampu, maka peluang untuk jadi pendamping haji sangat tinggi. Oleh sebab itu, salah satu upaya yang dilakukan adalah menyelenggarakan Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji dan Umrah Profesional,” ujar Dr. Kholilurrohman, M.Si., selaku Dekan FUD.

Apalagi tahun ini, masih menurut Dekan FUD, tuntutan mengenai profesionalitas untuk pembimbing manasik haji dengan sertifikasi sudah mulai ada. Itulah kenapa kegiatan ini penting untuk lakukan.

Dekan FUD merasa optimis atas kegiatan ini, terutama persiapan yang disiapkan oleh panitia sudah cukup matang, dengan menghadirkan narasumber kompeten berbagai bidang akademis dan praktisi dengan peserta manasik mencapai angka 54 orang.

Sementara itu, Rektor UIN Raden Mas (RM) Said Surakarta, Prof. Toto Suharto, M.Ag., menggarisbawahi pentingnya sertifikasi untuk memberikan lisensi kepada para pembimbing yang berkompeten. Tujuannya, menjaga “quality assurance” pelaksanaan bimbingan manasik kepada calon jemaah haji sehingga bisa menjamin kualifikasi di tahap optimal.

Masih menurut Rektor RM Said Surakarta, gambaran umum tentang data jumlah jemaah haji yang ada di Indonesia setiap tahun  bertambah banyak, sehingga peluang pendamping haji cukup tinggi. Oleh karena itu, peluang yang diambil oleh FUD UIN RM Said ini sudah sangat tepat.

“Semoga kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan setiap tahun,” ujar Prof. Toto Suharto.

Di sisi lain, Ketua PW Muhammadiyah Jawa Tengah, Dr. Tafsir, M.Ag., menyampaikan literasi haji seperti ini perlu ditingkatkan supaya pendamping haji lebih kompeten dan teratur untuk ke depannya.

“Saat ini pelatihan sertifikasi haji dilaksanakan secara luring oleh karena itu kesempatan ini bisa sebagai wadah silaturahim antara LPHU, dan kita jadi bisa berbagi informasi terkait haji dan umrah. Saya harap peserta aktif mengikuti hingga akhir acara,” pesan Dr. Tafsir, M.Ag. kepada jemaah.