Bg

Berita - FUD -

FUD Gelar Public Lecture dan Presentasi Disertasi Dekan di FUAD IAIN Syekh Nurjati Cirebon

10 Agustus 2022

Cirebon-FUDNews. Sebagai bagian dari kunjungan kerja ke Fakultas Ushuluddin dan Adab (FUAD) IAIN (Institut Agama Islam Negeri) Syekh Nurjati Cirebon
dan ke Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAIN Syekh Nurjati Cirebon, FUD menggelar kegiatan Public Lecture yang merupakan presentasi dan diskusi dari 6  judul Penelitian dari Program Studi (Prodi) yang ada di Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUD). presentasi penelitian tersebut dibagi menjadi 4 Kelompok presentasi. Public Lecture tersebut diawali dengan presentasi dari Disertasi Dekan FUD Dr. Islah., M.Ag dengan judul

Otoritas menerjemahkan Al Quran
Relasi kuasa dan otoritas pengetahuan.

Disertasi tersebut menjelaskan tentang bagaimana orang punya hak untuk menjelaskan tafsir Al Quran. Orang beragama bisa untuk membuat dirinya sendiri aman dan nyaman (ageman).

Juga disampaikan tentang relasi kuasa di era digital (bagaimana digital digunakan dilayanan publik/ pusat layanan), life style (tafsir/quran sebagai gaya hidup), aktifitas ekonomi (masyarakat digital butuh kecepatan tinggi dan pragmatis), tafsir pamflet (tafsir dalam visual gambar), tafsir layanan digital, serta tafsir toa.

Keenam judul penelitian yang dipresentasikan diantaranya adalah :
1. Abraham Zakky Zulhazmi, MA. Hum : Komik, Dakwah dan Moderasi Beragama. Penelitian tersebut berfokus pada dakwah Habib Muda Millenial Habib Husein Ja’far, bahwa Dakwah moderat melalui komik jenaka dapat menyasar segmen dakwah yang selama ini kurang tersentuh.


2. Alfina Hidayah, BA (Hons).,M.Phil : Fatwa Mardin Ibn Taimiyyah dalam Teologi Jihad Radikalisme Modern. Dalam penelitian tersebut disampaikan tentang seringnya Jihadis mengutip Fatwa Ibnu Taimiyah untuk legitimasi doktrin Jihad secara keliru.


3. Akhmad Anwar Dani, M.Sos.I : Masjid Network dalam Optimalisasi Fungsi Masjid. Penelitian tersebut fokus pada perluasan fungsi Masjid menjadi sebuah konsep pusat pengembangan peradaban Keislaman bagi masyarakat sekitarnya.


4. Nur Rohman, S.Ud.,M.Hum : Komodifikasi Agama, Pergeseran Otoritas dan Budaya Material dalam Pembelajaran Al-Qur’an: Studi Atas Al-Qolam Smart Hafiz. Artikel ini bertujuan untuk melihat Smart Hafidz dengan memposisikan ya sebagai budaya material baru di kalangan umat Islam.


5. Alfin Miftahul Khairi, M.Pd : Pengaruh Penerimaan Diri Terhadap Kesepian Lansia Pensiunan PNS di Desa Waru. Penelitian ini membahas tentang tiga pokok fokus utamanya yaitu tentang Kesepian pada usia lanjut, Tahap meningkatkan penerimaan diri dan Kondisi ideal seorang Pensiunan PNS.


6. Agus Sriyanto, S.Sos,.M.Si : Trend Pemilihan Konsentrasi Jurnalistik, PR, dan Broadcasting di Prodi KPI UIN Raden Mas Said Surakarta. Berdasarkan hasil observasi, kurangnya peminatan dalam konsentrasi Jurnalistik disebabkan karena muatan perkuliahan yang dirasa lebih berat, dimana profil lulusan langsung diarahkan pada praktisi media cetak. (HRS/2022)